Alat Safety yang Diperlukan Marinir

  • By
  • September 19, 2020
  • 0 Comments

 Ketika bekerja sebagai marinir, tentunya berhubungan dengan laut. Marinir merupakan sebuah pekerjaan berbentuk militer yang bekerja di laut. Nama lain dari marinir ia lah AL atau Angkatan Laut. Mereka bertugas dalam menjaga perairan – perairan yang ada di Indonesia. Mereka berada di perbatasan, di tengah – tengah samudra untuk melindungi dan mengawasi masyarakat dari perairan. Tentunya sebagai marinir, banyak masalah unik yang ditemui. Seperti serangan hiu, bencana laut, pembajak laut dan segala macam. Oleh karena itu, marinir di lengkapi dengan perlengkapan safety dan alat safety yang memadai mereka dalam bertugas.

 Perlengkapan marinir merupakan perlengkapan – perlengkapan bertahan hidup di kapal. Perlengkapan safety ini merupakan perlengkapan yang wajib ada untuk menjamin keselamatan seorang marinir tersebut. Alat – alat ini dapat anda jumpai di toko alat safety. Namun, untuk beberapa alat safety khusus, anda harus membeli nya di toko khusus juga. Perlu diketahui, bahwa alat – alat tersebut bukan lah mainan yang dapat digunakan dimana saja. Alat – alat ini bertujuan untuk melindungi para militer yang bekerja dan digunakan pada saat keadaan gawat darurat saja.

Life Jacket

 Pernahkah anda melihat seorang marinir atau petugas keselamatan di laut mengenakan jaket? Jaket tersebut bertujuan untuk keselamatan petugas – petugas tersebut. Life jacket memiliki banyak fungsi. Dengan beberapa fitur yang dilengkapi untuk bertahan hidup di laut, life jaket juga berguna sebagai pelampung. Tentunya pada saat bekerja, marinir pasti melewati beberapa situasi darurat. Jika kapal bocor, tentunya mereka akan melarikan diri ke kapal cadangan.

Dalam proses, banyak bahaya yang akan mereka hadapi. Mereka bisa saja jatuh ke laut, oleh karena itu mereka membutuhkan life jacket. Meskipun marinir tersebut ahli dalam berenang dan memiliki banyak latihan, namun tekanan dari lau bisa menjadi masalah. Dengan menggunakan life jacket, seorang marinir tersebut bisa mengapung lebih lama di permukaan laut sampai bantuan datang.

 Life jacket yang mereka gunakan tidak lah sembarang life jacket. Banyak jenis – jenis life jacket yang fungsi nya berbeda – beda. Life jacket yang digunakan seorang marinir merupakan life jacket khusus. Life jacket khusus ialah life jacket yang berfungsi dalam satu pekerjaan saja. Seperti contoh, off-shore work vest, merupakan life jacket untuk pekerja tepi laut. Ada juga alat safety berupa life jacket yang khusus untuk para nelayan. Namun, life jacket yang dipersembahkan kali ini tentunya life jacket khusus marinir. Life jacket ini ukurannya cenderung lebih besar dan berbobot lebih berat. Life jacket marinir juga bersifat sangat tertutup. Life jacket marine umumnya berbahan foam. Memiliki banyak kantong untuk perlengkapan alat kerja lainnya.

Ring Buoy

 Ring buoy merupakan pelampung yang terdapat di kapal mana saja. Pelampung tersebut berbentuk lingkaran dan berwarna merah pada umumnya. Ya, benda berbentuk seperti ban tersebut lah yang dinamakan ring buoy ini. Ring buoy berguna sebagai pelampung. Tentunya sebagai marinir, ada beberapa kondisi yang harus menggunakan alat safety seperti ring buoy ini. Seperti contoh, jika menemukan seseorang yang terdampar di pulau terpencil atau di laut, ring buoy dapat digunakan. Ring buoy dapat dilemparkan ke arah orang tersebut untuk ditarik. Setelah ditarik, orang tersebut akan dinaikkan ke kapal untuk dievakuasi. Tidak hanya orang biasa, ring buoy juga digunakan jika seorang marinir jatuh dari kapal. Hal itu agar seorang marinir tersebut tidak tenggelam atau tertinggal oleh kapal.

 Ring buoy memiliki bahan khusus. Biasanya ring buoy tersebut berbahan fiber plastik. Umumnya berdiameter luar kurang lebih 72 cm. Sedangkan dalamnya berdiameter kurang lebih 45 cm. Lain dengan life jacket, ring buoy dapat digunakan di berbagai tempat. Ring buoy tidak hanya dapat digunakan di laut, namun juga dapat digunakan di danau dan kolam renang. Biasanya berwarna oren terang dan memiliki bahan glow in the dark. Fitur tersebut bertujuan agar ring buoy mudah ditemukan ketika malam hari.

Rubber Boat

 Rubber boat merupakan kapal kecil yang digantung disamping kapal. Seperti namanya, rubber boat tersebut sudah jelas berbahan dasar karet. Rubber boat berfungsi untuk mengevakuasi seseorang. Hal tersebut dikarenakan rubber boat berukuran lebih kecil dari kapal utama marinir. Meskipun tidak dapat mengangkut banyak orang, namun rubber boat cenderung bergerak lebih cepat.

Rubber boat juga digunakan sebagai alternatif jika kapal utama akan tenggelam. Biasanya para marinir akan menaiki rubber boat dan turun ke laut dengan rubber boat tersebut. Didalam rubber boat tersebut tentu saja sudah ada perlengkapan dan alat safety yang akan mereka gunakan untuk bertahan hidup ketika mereka menunggu bantuan datang.

 Rubber boat memiliki banyak jenis dan banyak fungsi. Rubber boat tidak hanya digunakan dalam dunia militer saja. Namun, rubber boat juga dapat digunakan untuk hiburan. Contohnya, rubber boar dapat digunakan untuk hiburan arum jeram di sungai. Rubber boat tersebut juga dapat digunakan untuk bersantai di atas kolam renang pribadi. Namun, umumnya rubber boat yang lengkap digunakan didalam dunia militer.

Tidak hanya karet biasa, namun karet yang digunakan untuk militer ini merupakan karet khusus. Memiliki bahan dasar PVC dan Hypalon yang dapat di kempeskan ketika tidak digunakan. Bahan ini direkomendasikan karena lebih kuat dari paparan sinar matahari dan tahan lama dibandingkan PVC namun tentunya lebih mahal.

 Jika anda menggunakan rubber boat untuk kebutuhan marinir seperti evakuasi maka anda harus pastikan jika rubber boat tersebut merupakan khusus untuk rescue boat. Namun jika untuk hiburan, anda bisa membeli peralatan safety seperti rubber boat biasa yang tidak memiliki bahan berat atau khusus. Namun harus tetap terjamin bahannya agar tidak terjadi kecelakaan yang fatal.

Category: Out of the box