Busana Batik Modern Pria

  • By
  • November 23, 2020
  • 0 Comments

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, batik adalah kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan cara menuliskan atau mencap lelehan malam di atas kain tersebut. Di zaman ini, batik sudah dikembangkan sehingga tercipta yang namanya batik modern.

Kali ini, kami akan membahas khusus tentang busana batik modern pria. Dimana, jenis busana ini adalah busana yang termasuk modern dan trend di zaman ini. Batik-batik yang dipoles dengan indah serta memiliki estetika yang tinggi.

Jenis Batik Modern Pria

Membahas mengenai jenis, maka tidak akan keluar dari bahasan macam-macam busana yang bisa dibuat dengan kain batik. Nah, apa saja busana-busana yang bisa dibuat dengan kain batik untuk pria?

Baju Batik

Jenis busana bagian atas ini tentu sudah sangat marak dikenakan oleh pria. Malah, beberapa orang menganggap, pria yang mengenakan busana batik modern akan tampil jauh lebih keren dan elegan. Apakah demikian?

Tentu saja iya. Karena dengan memakai batik, seorang pria akan terlihat menghormati kebudayaan Indonesia, serta tampil lebih penuh wibawa dan kesopanan. Baju yang paling sering diaplikasikan dengan kain batik adalah baju hem.

Warna dan motif yang gelap, dipadukan dengan bawahan hitam akan mencerminkan pria yang gagah. Itulah salah satu efek baju batik modern pria jika dikenakan dengan rapi. Jika dikenakan wanita, ia akan cantik, jika dikenakan pria, ia akan sangat gagah.

Kaos Batik

Pernah nggak anda melihat kaos batik? Tentu jarang bukan? Yups, karena kaos batik adalah sebuah produk kain batik modern yang jarang sekali digunakan dalam acara-acara resmi. Namanya saja koas, jadi lebih cenderung dipakai dalam acara non-formal.

Namun, kain batik yang diaplikasikan untuk pembuatan kaos ternyata juga memiliki kesan yang elegan. Apalagi perpaduan warna gelap dengan corak batik yang indah, dijamin akan menciptakan kesan cinta budaya yang kental.

Karena batik modern tidak terikat oleh aturan-aturan kuno, maka tidak salah jika kaos pun bisa dibentuk dengan kain batik. Batiknya pun juga beraneka ragam, berbeda dari segi jenis, motif, corak, dan tentunya warna.

Syal Batik

Untuk menghangatkan tubuh di musim dingin, seseorang terkadang memakai syal. Namun, apakah anda pernah berpikir untuk membeli syal dari kain batik?

Tentu saja hal itu adalah satu hal yang beda dari lainnya. Selain untuk menghangatkan badan, anda sudah ikut mencintai produk dalam negeri. Jika syal identik dengan pakaian yang dikenakan oleh orang di negara dingin, Indonesia seharusnya memiliki syal yang khas tersendiri, yaitu syal yang terbuat dari kain batik.

Syal dari kain batik tentunya harus tetap disesuaikan dengan warna baju yang anda pakai agar tidak terlalu kontras. Karena bila hal itu terjadi, maka hasilnya adalah ketidakseimbangan bentuk busana yang mengurangi estetika.

Ciri Batik Modern Pria

Ternyata, batik modern pria memiliki karakteristik yang berbeda dengan batik lainnya. Maka dari itu, anda tentu harus mengetahui ciri-cirinya. Di bawah ini adalah beberapa karakteristik yang tentu penting anda ketahui.

Dinamis dan Fleksibel

Sama seperti dengan karakteristik batik modern, dinamis adalah salah satu aspek yang penting dari batik modern pria. Corak yang santai, trendi, dan modern adalah salah satu aspek yang dicari-cari oleh masyarakat dari batik modern.

Fleksibel adalah aspek kenyamanan dipakai oleh seorang pria. Nyaman artinya tidak aneh ketika dipakai oleh seseorang. Busana batik modern pria harus memiliki aspek ini, agar si pemakai benar-benar mendapatkan keinginannya.

Corak yang Modern

Corak batik modern pria juga harus bervariasi, tidak terikat oleh kebiasaan suatu daerah dan kebudayaan suku tertentu. Batik modern hanya memiliki satu aspek kebanggaan, yaitu miliki Indonesia. Jadi, harus dibuat sekreatif mungkin.

Corak yang modern adalah bentuk gambar yang lebih menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Semakin modern polanya, maka semakin keren busana itu dipakai oleh seorang pria. Jika coraknya kolot, maka aspek modernnya tidak akan terpenuhi.

Perpaduan Warna yang Pas

Warna adalah salah satu unsur paling penting dalam batik. Semakin baik perpaduan warnanya, maka semakin indah batik itu dipandang. Apalagi batik modern pria, kesan estetikanya harus benar-benar ditonjolkan agar kewibawaan bisa muncul.

Warna-warna yang dipakai tentu harus maskulin, mengandung sisi kewibawaan, tidak lebay, dan tentunya memiliki kontras dan gradasi yang tepat. Kesalahan dalam pemilihan warna, jelas akan mempengaruhi tingkat kewibawaan pria ketika memakai baju batik modern itu.

Kreatifitas yang Tinggi

Corak busana batik harus terlahir dari kreatifitas yang tinggi. Kenapa hal ini penting?

Karena busana yang estetik dinilai dari sudut pandang kreatifitas si pembuat baju. Semakin kreatif bentuknya, maka semakin indah pula hasil dan interpretasi dari baju itu. Kreativitas ini tentu juga memiliki koridor tersendiri dalam hal-hal positif.

Busana dari batik modern pria harus memunculkan kesan kreativitas dalam proses pembuatannya. Jangan sampai, busana batik terlihat kaku dan mencerminkan tradisi yang tidak modern. Hal itu malah membuat batik modern tidak terlalu nyaman dipandang.

Tips Memilih Batik Modern Pria

Memilih busana batik modern tentu ada caranya. Jadi tidak boleh anda memilih dengan sembarangan jika tidak ingin kecewa. Cara memilih busana batik yang baik pada dasarnya gampang, anda hanya perlu menerapkan langkah-langkah di bawah ini.

Mencari Toko Batik Terpercaya

Mencari produsen batik modern adalah langkah pertama yang harus anda lakukan. Jika toko yang anda pilih tidak terpercaya, maka produksi batik modernnya pun juga tidak bisa dipecaya kualitasnya.

Sebisa mungkin, anda harus mencari toko yang benar-benar memiliki kredibilitas di mata masyarakat. Sehingga, anda semakin yakin untuk memilih dan memilah batik modern yang anda suka.

Cari Busana yang Cocok

Tidak semua busana bisa cocok anda pakai. Maka dari itu, pastikan memilih busana yang tepat untuk tubuh dan postur anda. Busana yang tidak cocok, akan membuat tampilan anda terasa aneh. Maka dari itu, penting memilih busana yang cocok.

Apalagi ketika busana ini berjenis batik. Batik yang tidak modern, terkadang malah mencerminkan orang-orang tua. Sehingga anda yang muda pun bisa nampak tua ketika memilih jenis batik yang salah.

Lihat Kualitas Busana

Busana yang baik adalah busana yang memiliki kualitas yang tinggi. Tinggi dalam artinya memiliki jahitan yang kuat, kain yang tidak mudah robek dan awet, serta memiliki desain yang keren.

Memilih busana batik modern pria yang berkualitas adalah satu hal yang harus anda lakukan. Dalam hal ini, anda tidak boleh terlena pada harga. Karena terkadang, harga yang murah tidak menjamin kualitas baju batik anda bagus.

Dari penjelasan mengenai busana batik modern pria diatas, mungkin mungkin anda sudah memiliki gambaran untuk memilih busana yang tepat untuk anda kenakan. Intinya, pilih jenis batik yang tepat untuk menghasilkan busana yang cocok anda pakai.

Category: Bisnis, Fashion