Cara Sablon Baju Bola Sendiri Dengan Printer

Menyablon baju bola sendiri memang aktivitas yang menyenangkan. Apalagi jika kamu termasuk orang yang kreatif. Sehingga tidak perlu membeli jersey bola dari pedagang yang harganya sangat mahal. 

Sekalipun demikian kamu harus tahu cara sablon baju bola yang paling mudah. Termasuk bagaimana tekniknya ketika menyablon baju menggunakan mesin sejenis printer. 

Nah, di bawah ini akan dijelaskan tentang cara-cara tersebut yang bisa dicoba di rumah. Jika cara ini sudah dipahami, silakan uji kreativitas dan ketekunan dalam mendesain. Ini cara yang dimaksud:

Cara Sablon Baju Bola Sendiri

Cara Sablon Baju Bola Sendiri Dengan Printer
printful.com

1. Sablon Kaos Dengan Teknik DTG

Sablon dengan teknik DTG atau Direct to Garment adalah satu teknik penyablonan yang paling populer sekarang ini. Hal ini disebabkan oleh munculnya mesin-mesin DTG yang semakin banyak di dunia termasuk di Indonesia.

Di dalam teknik sablon DTG, teknik penyablonan sangat mudah dan serupa dengan teknik printing pada kertas dengan memakai printer. 

Tahapan pertama dimulai dengan memasukkan kaos polos pada mesin DTG. Setelah itu, kamu mulai men-setting desain dengan menggunakan aplikasi komputer. Untuk endingnya kamu cukup melakukan print atau pencetakan saja. 

Biasanya, proses pencetakan kaos tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika kualitas mesin DTG memang bagus, tentu durasi pencetakannya lebih singkat. Jadi, jika ingin menyablon kaos silakan pakai mesin DTG terbaik. 

2. Sablon Kaos dengan Teknik Heat Press Printing

Teknik atau cara sablon jersey costum yang kedua adalah sablon dengan teknik heat press printing. Sebuah proses penyablonan yang mirip dengan teknik sablon populer sublimasi. 

Namun, jika dilihat lebih teliti, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Paling tidak terdapat beberapa proses penyablonan yang mirip sejatinya tidak sama dalam hal finishing. 

Untuk teknik sablon jenis Heat Press Printing, biasanya kaos yang disablon bisa berwarna putih atau warna kategori cerah. Sedangkan proses penyablonannya tetap memakai tinta yang biasa digunakan untuk desain sablon. Setelah itu, baru desain dicetak lalu dipindah ke paper khusus.

Jika tahapan ini sudah selesai, baru kertas heat press-nya ditempelkan pada kaos. Nah, sampai di sini baru kamu menggunakan teknik sublimasi untuk melakukan finising atau pencetakan. 

baca juga: Apasih bedanya les private, kursus dan bimbel?

3. Sablon Kaos dengan Teknik Screen Printing 

Sablon kaos dengan teknik screen printing merupakan teknik sablon yang paling umum. Makanya teknik ini juga disebut sablon manual yang masih dipakai sekarang ini. 

Tidak dimungkiri teknik screen printing atau sablon manual menjadi teknik sablon tertua yang masih dilestarikan. Sebab, kualitas warna yang begitu tinggi tidak kalah dengan teknik yang lain. Walaupun demikian keberadaan mesin DTG bisa membuat teknik ini segera musnah.

Salah satu kekurangan dari teknik sablon manual ialah membutuhkan perangkat yang lebih banyak. Bahkan, durasi penyablonannya juga lebih lama apalagi jika harus mensablon banyak kaos bola. 

4. Sablon Kaos dengan Teknik Vinyl Cutting

Cara sablon jersey custom desain sendiri yang terakhir ialah teknik vinyl cutting. Kasarnya, teknik ini dilakukan seperti memasang stiker vinyl pada kaos. Nah, tentunya striker tersebut sudah berisi desain sesuai keinginan. 

Jika membaca teknik di atas, tentu di cara ini kamu tidak perlu menggunakan tinta sedikitpun. Karena yang dibutuhkan hanya stiker yang bisa dibeli di toko aneka perlengkapan sablon. 

Jika stiker sudah tersedia, tinggal dimasukkan saja ke mesin cutter. Setelah itu, buka aplikasi di komputer yang sudah berisi desain untuk kaos tersebut. Silakan masukkan desain ke dalam stiker. 

Jika sudah selesai silakan print stiker lalu tempel pada cetakan yang sudah dipersiapkan. Selanjutnya baru tempelkan cetakan siter pada kaos bola. 

Jangan lupa untuk menekan cetakan menggunakan mesin khusus yang disebut mesin heat press. Jika sudah melekat, baru plastik bening di permukaan stiker dilepas agar desain menempel pada kaos. 

Kesimpulan

Itulah beberapa cara atau teknik sablon baju bola desain sendiri dengan menggunakan mesin sejenis printer. Lakukan dengan hati-hati supaya kaos atau desain tidak mengalami kerusakan. Jika perlu latihan terlebih dahulu kepada ahli atau orang yang berpengalaman di bidang sablon menyablon. 

Seni sablon memang telah melalui perjalanan sejarah yang panjang. Berbagai teknik telah mengalami perkembang. Dan itu seiring dengan dukungan teknologi. Jika Anda tertarik untuk mendalami sablon, Anda sebaik juga mampu beradaptasi dengan minat masyarakat. Termasuk dalam ide desain dan pengaturan tata letak sablon yang baik.