Harga jasa penerjemah tersumpah relatif tidak sama. Faktor penyebabnya adalah melihat bahasa yang diterjemahkan. Bila bahasa yang diterjemahkan familiar dan banyak digunakan dalam aktivitas biasanya harga jasanya tidak selalu mahal.

Berbeda dengan bahasa yang jarang digunakan dan penerjemahnya pun susah ditemukan. Harga jasa penerjemah tersumpah terpercaya akan lebih mahal. Untuk mengetahui berapa hara jasa penerjemah tersebut, pastikan telah membaca artikel ini hingga habis, ya.

Sebelum mengetahui harga jasa penerjemah tersumpah, ada baiknya apabila mengetahui pengertian penerjemah tersumpah tersebut. istilah ini mungkin sekilas masih terdengar asing dan sedikit membingungkan. Namun, penerjemah ini ternyata telah banyak digunakan.

Penerjemah tersumpah adalah seseorang yang memiliki kemampuan menerjemahkan satu atau lebih bahasa. Dimana kemampuan terjemahnya dibuktikan dengan lolos kualifikasi ujian penerjemah dan telah diambil sumpahnya oleh pejabat yang ditunjuk.

Adanya pengambilan sumpah dan lolos kualifikasi inilah yang membedakan antara penerjemah tersumpah dengan penerjemah biasa yang banyak digunakan jasanya. Penerjemah biasa tidak harus lolos kualifikasi. Terpenting bisa menerjemahkan berbagai macam bahasa.

Jasa penerjemah tersumpah ini mempunyai kelebihan yang tidak biasa. Yaitu, dokumen hasil terjemahannya dapat dilegalisasi di lembaga resmi. Misalnya saja Kementrian Hukum dan HAM, Kementrian Dalam Negeri dan lain sebagainya.

Dokumen yang diterjemahkan beragam. Begitu pula harga jasa penerjemahan tersumpah berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sebelum mengetahui tentang berapa tarif resminya, akan lebih baik apabila paham kelompok konsumen yang banyak menggunakan jasa penerjemah ini, yaitu;

Pengguna atau Konsumen Jasa Penerjemah

1. Perorangan atau Pribadi

Apabila ditelisik lebih jauh, pemanfaat jasa penerjemah tersumpah terbaik untuk keperluan pribadi biasanya berupa Surat Nikah, Paspor, Ijazah dan lain sebagainya. Contohnya, menerjemahkan surat nikah. Apabila ada WNI yang menikah dengan warga asing, pasti surat nikahnya beda.

Bahasa yang digunakan adalah bahasa dimana WNI tersebut menikah. Di Turki misalnya. Maka jika kembali ke Indonesia dan berniat menetap, surat nikahnya harus diubah ke dalam bahasa Indonesia. Yang seperti itu, biasanya butuh jasa penerjemah.

Baca juga: Hal Yang Harus Anda Lakukan Agar Tidak Mudah Terjerumus Judi

2. Perusahaan

Jasa penerjemah tersumpah   yang digunakan oleh perusahaan biasanya digunakan untuk menerjemahkan berbagai dokumen bisnis. Harga jasa penerjemah tersumpah untuk perusahaan biasanya lebih mahal. Sebab risiko dan tingkat kesusahannya lebih tinggi.

Contoh dokumen yang diterjemahkan adalah surat kontrak. Surat kontrak yang demikian ini biasanya partner bisnisnya adalah pihak asing. Sehingga jasa penerjemah ini dibutuhkan agar kedua belah pihak paham dengan isi kontrak tersebut.

3. Pemerintah

Pemerintah juga menjadi salah satu pihak yang banyak memanfaatkan jasa penerjemah tersumpah terbaik  ini. Umumnya yang diterjemahkan adalah perjanjian internasional. Selain dokumen jasanya juga dimanfaatkan untuk intepreter dan legalisasi sebuah dokumen.

Jasa intepreter atau penerjemahan lisan digunakan saat terjadi negosiasi dengan pihak asing. Sedangkan untuk legalisasi dokumen digunakan ketika ingin dokumen tersebut dapat digunakan di luar negeri. Butuh terjemah dan pengesahan dari Deplu, Kedutaan dan Depkumham.

Daftar Harga Jasa Penerjemah Tersumpah Terbaru

Berkaitan dengan harga jasa penerjemah tersumpah, berapakah patokan tarifnya untuk sekali terjemahan?. Tentunya harga jasanya akan berbeda untuk setiap bahasa yang digunakan dan jenis dokumennya. Berikut ini adalah daftar harga jasa penerjemah per halaman berbagai bahasa;

BahasaRegulerTersumpah
Inggris – Indonesia50.000200.000
Jerman-Indonesia125.000350.000
Arab-Indonesia75.000125.000
Turki- Indonesia150.000 
Perancis-Indonesia150.000300.000
Mandarin-Indonesia175.000350.000
Jepang-Indonesia175.000350.000
Korea-Indonesia175.000300.000
Indonesia-Belanda200.000550.000
Indonesia-Jerman200.000400.000
Inggris-Spanyol200.000500.000
Spanyol-Indonesia225.000300.000
Rusia- Indonesia225.000 
Inggris-Mandarin225.000800.000
Portugis-Indonesia400.000 
Belanda-Indonesia 400.000
Italia-Indonesia 300.000

Selain harga jasa penerjemah tersumpah untuk dokumen, terdapat harga jasa interpreter yang tentunya berbeda. Tarif yang dikenakan biasanya dihitung per jam. Tarifnya berbeda untuk setiap bahas, berikut ini daftar harganya;

BahasaSubtitlingVoice OverIntepreter Reguler
Inggris30.000200.0003.000.000
Jepang250.000 4.000.000
Mandarin100.000 4.000.000
Korea100.000 3.500.000
Jerman  6.000.000
Rusia  4.000.000
Belanda  6.000.000

Bagaimana Bila Ada Tarif Penerjemah Tersumpah yang Murah?      

Harga jasa penerjemah tersumpah tidak selalu mahal. Ada pula yang memberikan tarif dengan harga murah atau tidak sesuai standar. Jika mendapatkan hal yang demikian, patut untuk memastikan apakah jasa tersebut layak dan berkualitas.

Seorang penerjemah tersumpah biasanya memiliki sertifikat serta nomor pengangkatan. Bila perlu tanyakan sertifikat tersebut. Waspada apabila penerjemah memberikan informasi yang kurang jelas. Harga penerjemah yang murah sering dikaitkan dengan kualitas yang rendah.

Cara Memesan Jasa Penerjemah Tersumpah

Saat ini banyak tersedia jasa penerjemah tersumpah yang dapat dimanfaatkan untuk menerjemahkan berbagai dokumen. Ada yang menyerahkan dokumennya secara langsung. Ada pula yang menerima jasa penerjemahannya secara online.

Berikut akan dipaparkan bagaimana langkah-langkah yang tepat melakukan pemesanan jasa penerjemahan tersumpah terpercaya. Sebelum melakukan hal tersebut, pastikan jasa yang digunakan memang terpercaya. Tujuannya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan;

1.Siapkan Dokumen

Langkah pertama memesan jasa penerjemah tersumpah terpercaya adalah menyiapkan dokumennya. Apabila memilih jasa penerjemah online, maka dokumen tersebut harus discan terlebih dahulu. Scan secara menyeluruh agar bisa diterjemahkan dengan jelas.

Tentang harga jasa penerjemah tersumpah untuk terjemah dokumen umumnya tidak sama antara satu dengan yang lain. Cari tahu dulu berapa tarifnya. Apakah tarif yang dikenakan per halaman atau sekali terjemah sebuah dokumen.

2. Kirim Kepada Penerjemah

Begitu dokumen lengkap, kirim dokumen tersebut kepada penerjemah. Apabila file yang digunakan berukuran besar, gunakan jasa penyimpanan dokumen seperti Google Drive. Jadi, file tidak perlu dilampirkan dalam email.

3. Berikan Tenggat Waktu

Untuk penerjemahan sebuah dokumen, tenggat waktu sangatlah penting. Jika tidak penerjemahan akan molor. Biasanya setiap penerjemah memiliki tenggatnya sendiri-sendiri. Umumnya 2-3 hari penerjemah normalnya bisa menyelesaikan 5 halaman.

Oleh karena itu, penting di awal untuk membuat semacam kesepakatan antara pengguna jasa dan penerjemah. Jika tidak bisa .menyelesaikan sesuai dengan tenggat waktu, harus ada konsekuensinya. Misalnya saja harga jasa penerjemah tersumpah  akan dipotong.

4. Periksa Kembali Hasil Terjemahan

Untuk mendapatkan hasil terjemahan yang maksimal, jangan lupa untuk selalu mengecek kembali hasil terjemahan. Tujuannya untuk menghindari kesalahan penerjemahan. Periksa kembali tentang kesalahan ejaan atau terjemahan yang mungkin terjadi.

5. Minta Salinan PDF nya

Setelah proses terjemahan selesai, akan lebih baik bila meminta salinan softcopy atau PDF nya. Biasanya sesuai harga jasa penerjemah tersumpah akan memberikan 2 fasilitas terkait dokumen. Yaitu hardcopy dan softcopy.

Temukan Penerjemah yang Terpercaya

Hasil terjemahan biasanya akan berisi terjemahan dalam bahasa yang diinginkan, identitas penerjemah dan tanda tangan. Terdapat pula lampiran pernyataan dari penerjemah bahwa hasil terjemahan adalah otentik.

Demikianlah ulasan tentang informasi harga jasa penerjemah tersumpah, baik untuk terjemahan dokumen atau lisan. Harga yang dicantumkan di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Oleh sebab itu, perlu dilakukan update secara berkala.

Bisa langsung datang ke tempat jasa penerjemahan atau mencari informasi di berbagai situs penerjemahan tersumpah. Semoga informasi di atas bermanfaat dan semakin banyak yang tahu bahwa penerjemah tidak hanya yang umum saja. Penerjemah tersumpah kini juga semakin dicari.

Category: Info