Spanyol menjadi salah satu negara di Eropa yang memiliki catatan sejarah luar biasa. Negara ini bahkan masih mempertahankan ciri khas bangunan dan arsitekturnya di beberapa tempat. Tempat-tempat ini kemudian menjadi destinasi wisata di Spanyol yang memiliki nilai pengetahuan lebih banyak. Keren sekali bukan?

Negara yang memiliki luas seluas 505.992 kilometer persegi (195.365 mil persegi) ini menjadi negara terbesar kelima di Eropa. Dengan luasnya yang cukup besar, tentu saja membuat banyak tempat bisa didatangi untuk berwisata.

Bangunan peninggalan di Spanyol hingga kini masih dirawat dengan baik. Dengan ditambah geografisnya yang mendukung, membuat Spanyol makin menarik untuk dikunjungi. Negara ini memiliki dataran tinggi, pantai, pegunungan, hingga banyak sungai yang melintas di tengah-tengahnya.

Tentu tak heran jika destinasi wisata di Spanyol ini sangat banyak. Rekam jejak Spanyol sendiri juga sudah sangat panjang, mulai dari zaman kerajaan, kejayaan Islam, masa kolonial, hingga menjadi negara monarki saat ini. Dengan catatan panjang ini, destinasi wisata mana saja di Spanyol yang cocok untuk berlibur? Yuk simak ulasan berikut!

Alhambra Granada, Sajikan Wisata Kejayaan Islam masa Lampau

Berwisata ke Spanyol tentu akan terasa kurang jika tidak mengunjungi kastil Alhambra. Alhambra Granada merupakan bangunan mewah yang menjadi peninggalan Islam di Spanyol. Lokasinya berada di Spanyol Selatan atau biasa dikenal dengan Andalusia.

Bukti kejayaan Islam di Spanyol salah satunya dapat dilihat dalam seni bangunan ini. Setelah 8 tahun berjaya, Islam mulai runtuh dan bangunan ini dikuasi oleh kerajaan Katolik.

Kastil yang sudah berusia ratusan tahun ini dibangun oleh kaum Moor dari Afrika Utara. Warna dinding dan ubin yang dipakai berwarna kemerahan, sehingga dinamailah dengan sebutan Alhambra. Alhambra dalam bahasa arab memiliki arti ‘kastil merah’.

Memilih Alhambra sebagai destinasi wisata di Spanyol untuk melihat tentang sejarah tentu saja pilihan yang tepat. Pengunjung akan mendapat banyak informasi mengenai sejarah Spanyol di sini.

Bangunan kastil masih terawat dengan baik. Kompleks ini dikeliling dengan benteng serta dihiasi dengan taman bunga yang indah. Pilar marmer yang terpasang dalam kastil ini semakin menambah kesan mewah di dalamnya. Ada juga taman singa yang penuh dengan patung singa di dalam kompleks ini.

Kastil Alhambra memiliki beberapa bagian istana. Istana yang sering dikunjungi dan populer adalah Istana Dinasti Nazari. Di dinding istana ini banyak dihiasi dengan kaligrafi yang mengisi di sudut-sudutnya.

Bagian istana lain yang cukup populer adalah Istana Raja Charles V, Istana Raja Philip II, dan taman fenomenal Generalife. Maka ketika kamu datang ke sini, jangan lupa untuk memperhatikan setiap informasi sejarah yang tersedia agar tidak kelewatan hal penting.

Kastil Alhambra secara umum terbagi menjadi 3 bagian. Bagian ini adalah alcazaba atau disebut sebagai benteng militer, lalu alcázar atau istana, dan medina atau kota kecil. Destinasi wisata di Spanyol ini sangat sarat akan ilmu pengetahuan akan sejarah Spanyol. Siapkan tenaga ekstra untuk bisa mengelilingi seluruh bagian ya.

Toledo, Wisata Budaya di Spanyol yang Gothic

Spanyol rasanya selalu menyimpan banyak arsip sejarah di bangunan peninggalannya. Salah satu kawasan kota yang memperlihatkan betapa kaya budayanya ada di Toledo. Kawasan ini memiliki 3 budaya besar yang berdampingan, yaitu Kristen, Islam, dan Yahudi.

Sebelum resmi menjadi bagian dari Spanyol, Toledo merupakan ibukota dari Kerajaan Visigothic. Maka tidak heran jika sisa-sisa bangunannya memiliki kesan gothic. Destinasi wisata di Spanyol ini menunjukkan bahwa ketiga budaya bisa berdampingan tanpa ada konflik SARA.

Beberapa masjid, gereja, sinagoge berdiri berdampingan dengan damai. Bangunan ini menjadi saksi bisu atas keragaman yang ada di Spanyol. Ada pula menara yang menjulang sebagai benteng di kota ini.

Bangunan yang terkenal di Toledo salah satunya adalah katedral Toledo dan katedral Primada Santa Maria de Toledo. Bangunan ini memiliki ciri khas gaya gothic yang sangat nyentrik. Memiliki tinggi 120 meter, bangunan ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan dari berbagai negara.

Selain keragaman budaya, pelukis terkenal, El Greco mendapat banyak inspirasi dari Toledo. Bahkan di sini juga ada museum yang memerkan seluruh hasil karya El Greco. Tertarik untuk mengunjunginya?

Santiago Compostela, Wisata Kota Kuno di Spanyol

Santiago de Compostela merupakan situs warisan budaya dunia yang berada di barat daya Spanyol. Tempat ini sangat terkenal dengan arsitek bangunan dan monumennya. Beberapa catatan sejarah memberikan penjelasan bahwa kota ini menjadi tanah suci bagi umat katolik.

Jalanan yang berkelok dengan luas yang sempit banyak ditemui di sepanjang kota. Ciri khas ini semakin menguatkan peradaban abad pertengahan. Beberapa alun-alun turut menghiasi kota dengan sisi-sisi jalan yang diisi bangunan berbahan batu granit.

Baca juga: 10 Negara yang Melegalkan Judi: Dari Kebijakan hingga Kasino Terbesar

Destinasi ini cocok untuk wisata sejarah di Spanyol yang menginginkan suasana romantis dengan arsitektur yang megah. Pengunjung bisa berkeliling di sekitar kota dengan berjalan kaki sambil menikmati udara di Santiago Compostela. Menarik bukan?