Mengenal Pagar Panel Beton Sebelum Menggunakannya – Kasus pelebaran lahan secara ilegal di kota besar sangat sering terjadi. Hal ini kadang menimbulkan polemik yang cukup fatal. Sudah berapa banyak oknum tak bertanggung jawab yang tersandung masalah hukum. Agar tidak mengalami hal tersebut, banyak yang memasang pagar panel untuk batas lahan. 

Jadi dengan mengandalkan pagar ini, batas lahan antar pemukiman makin jelas. Tidak ada salah paham karena batas lahan nantinya. Nah, bagi yang ingin menggunakan pagar ini untuk batas lahan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Kenali dulu pagar panel beton ini ini dengan baik sehingga fungsinya juga lebih optimal.

Pengertian Pagar Panel

Secara umum, pagar ini adalah produk pagar beton cetak yang dibuat dengan material khusus. Material tadi membuat pagar lebih tahan lama, awet dan juga kuat dan dapat digunakan jangka panjang tanpa mengganti pagar. Menurut pengalaman, pagar bahkan bisa bertahan di cuaca ekstrem.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan pagar adalah material semen, pasir dan juga air serta tambahan bahan kimia yang bisa meningkatkan kualitas pagar. Pagarnya juga mempunyai bentuk seperti dinding dengan ukuran dan lubang sambungan didalamnya.

Dimana lubang sambungan tersebut digunakan untuk sambungan antar pagar beton. Pagar ini menjadi inovasi baru di era industri seperti sekarang. Pemasangan pagar ini kerap ditemui di sekolah, pagar rumah, pabrik, bandara, stasiun dan sebagainya. 

Tidak heran jika produknya memang sangat terkenal dan banyak digunakan. Harga pagar panel di pasaran juga tergolong murah jika dibanding jenis pagar lain. Jadi tidak heran sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan pagar pembatas berkualitas dengan harga terjangkau.

Jenis, Mutu Dan Ukuran Pagar Panel Beton

Saat berpergian menggunakan moda transportasi kereta api, mungkin Anda kerap melihat pagar beton yang terpasang di sepanjang jalur kereta api. Biasanya pagar beton ini juga membatasi lingkaran di sekitarnya. Beton pagar tersebut adalah pagar panel beton yang sering diterapkan.

Pagar tersebut merupakan produk pagar beton precast yang tersedia di pasaran dengan bebagai ukuran yang dapat digunakan untuk pagar. Banyak jenis dan ukuran pagar di pasaran sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Baca juga: 10 Daftar Rekomendasi Pembayaran Digital Yang Perlu Anda Unduh

Secara umum, model atau jenis pagar ini dibagi menjadi dua model, yakni pagar minimalis beton panel polos dan pagar beton panel bermotif. Pagar yang polos adalah yang paling sering dibutuhkan masyarakat. Pasalnya sering diterapkan untuk pengaplikasian pagar. 

Ukuran pagar di pasaran juga sangat beragam. Namun kebanyakan yang beredar di pasaran adalah ukuran dengan panjang 2,4 meter x 0-,4 meter dan ketebalan 0,05 meter. Anda tinggal menyesuaikan dengan panjang pagar yang dibutuhkan saja.

Pagar pracetak mempunyai mutu yang berbeda dengan jenis pagar lain. Perbedaan mutu tersebut didasari pada bahan material yang digunakan untuk membuat pagar beton panel. Secara umum, mutu pagar beton yang dihadirkan adalah K225 dan jkuga K300.

Kelebihan Dan Kekurangan Pagar Panel Beton

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan pagar jenis ini untuk para konsumennya. Adapun kelebihan yang dimaksud sebagai berikut:

Material bahan

Kelebihan pertama dari material bahan yang digunakan. Materialnya terbuat dari campuran semen, air, pasir dan bahan kimia yang sering digunakan untuk konstruksi. Material tersebut bersifat solid sehingga membuat pagar menjadi lebih kuat dan kokoh. 

Hal ini sangat terlihat beda dengan pagar konvensional yang terbuat dari satu bahan saja. Tidak heran jika pagar mudah roboh dan keropos saat digunakan sebagai pagar. Tidak cocok untuk digunakan dalam jangka panjang.

Kekokohan dan kekuatan pagar

Dibanding pagar konvensional pagar ini memiliki kekuatan dan kekokohan yang sangat bagus. Namun di pagar ini tetap ada batas kekuatan tekan. Tak hanya itu, pagar juga mempunyai sifat getas sehingga tidak dapat lentur seperti kaytu atau pagar besi umumnya.

Kelebihan dan kekurangan ini tentu menjadi hal yang harus diperhatikan. Pasalnya menentukan keamanan pagar yang akan dipasang. Memakai pagar ini memberi perlindungan visual. Artinya, area yang dipagari tidak dapat dilihat karena adanya pagar ini.

Mudah dipasang

Dari kemudahan pemasangan, pagar panel jauh lebih mudah pemasangan dibanding pagar konvesional seperti besi yang umumnya arus ada pengelasan terlebih dahulu. Tentu saja hal ini juga memakan banyak waktu. 

Hanya saja pagar ini memiliki berat yang lumayan dibanding pagar konvensional. Tidak heran saat pemasangannya, Anda membutuhkan tenaga yang lebih banyak. Jika tidak nampaknya pemasangan tidak akan maksimal.

Tahan terhadap perubahan cuaca ekstrem

Berbicara seputar daya tahan pagar beton panel, tentu saja daya tahannya lebih bagus dibanding pagar konvensional. Terlebih jika digunakan di eksterior. Pagar ini tahan terhadpa berbagai cuaca ekstem.

Hal ini tentu berbeda dengan pagar konvensional yang umumnya kurang kuat terhadap perubahan dan tekanan cuaca. Pagar besi mudah  berkarat. Sedangkan pagar kayu mudah lapuk jika terkena air hujan.

Perawatan

Tidak ada biaya lebih untuk perawatan pagar ini. Anda tidak perlu membeli lapisan untuk melindungi pagar. Misalnya sperti pagar konvensional yang membutuhkan alat pelindung agar pagar bisa bertahan lama.

Sayangnya, di pagar beton panel, ada kekurangan yang cukup fatal. Dimana jika ada bagian panel yang rusak, terutama panel di bagian dasar, maka pembongkatan harus dilakukan total. Saat panel sudah hancur, maka tudak dapat digunakan. Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan tersebut, tentu Anda ingin menggunakan pagar panel ini untuk pembatas bukan? Untung saja arganya juga lebih murah dibanding pagar konvensional. Meskipun murah, tapi kualitasnya tetap unggulan. \

Harga Terbaru Pagar Beton Panel Di Tahun 2020

Harga pagar ini cukup terjangkau, belum lagi sudah biaya pemasangan pagar. Untuk lebih lengkapnya, Anda tinggal simak tabel berikut:

Tinggi Pemasangan PagarHarga/M1
160 cm untuk 4 panelRp 412.500
200 cm untuk 5 panelRp 515.600
240 cm untuk 6 panelRp 615.780
280 cm untuk 7 panelRp 722.800
320 cm untuk 8 panelRp 825.000
180 cm untuk 4 panelRp 456.000
225 cm untuk 5 panelRp 564.000
270 cm untuk 6 panelRp 680.500
315 cm untuk 7 panelRp 794.000

Harga Tiang Pagar Beton Panel

Ukuran tiang pagarHarga per batang
Tiang 220Rp 281.250
Tiang 270Rp 315.000
Tiang 300Rp 328.000
Tiang 320 Rp 429.000
Tiang 370 Rp 476.000
Tiang 420Rp 523.000

Harga Daun Panel Beton

Ukuran daun Harga per lembar
240 x 40 x 5 Rp 132.000
240 x 40 x 5 motifRp 137.000
240 x 45 x 5Rp 136.000
240 x 40 x 5 lubangRp 165.000

Jadi Anda sudah tahukan apa itu pagar panel beton? Pagar ini memang menjadi pilihan terbaik bagi yang ingin memberi batas lahan. Sejak perkembangannya, pagar ini juga punya banyak motif sehingga menambah estetikanya.

Category: Bisnis, Info