Berwisata ke daerah Afrika tentu menjadi impian banyak orang. Benua yang banyak memiliki kawasan alam bebas ini cocok untuk kamu pecinta udara segar. Objek wisata di Afrika Selatan menjadi salah satu negara yang banyak diminati oleh banyak pelancong.

Afrika Selatan merupakan negara yang berbatasan dengan Namibia, Botswana dan Zimbabwe di utara, Mozambik dan Swaziland di timur laut. Negara ini semakin populer setelah gelaran piala dunia pada 2010 lalu. Banyak orang yang kemudian mencari tahu tentang negara ini untuk berwisata.

Di Afrika Selatan, wisatawan yang datang bisa memilih beberapa rekomendasi objek wisata yang ditawarkan. Mayoritas objek wisata unggulan yang dipromosikan di Afrika Selatan adalah daerah yang masih alami dan merupakan alam bebas. Tentu ini tak mengherankan karena benua ini masih terjaga kealamian daerahnya. Lalu, apa saja sih objek wisata yang menjadi unggulan di Afrika Selatan ini?

Cape Town, Tempat Wisata Wajib di Afrika Selatan

Mendengar nama Cape Town tentu memiliki bayangan tentang perkotaan bukan? Janga salah, meski mengandung nama ‘town’, objek wisata ini justru berupa pegunungan di Afrika Selatan. Cape Town menjadi tempat unggulan karena pasti dikunjungi oleh turis luar negeri.

Di Cape Town, tempat wajib yang harus didatangi adalah Table Mountain. Tempat ini merupakan sebuah gunung yang bentuknya menyerupai sebuah meja. Lokasinya berada di Taman Nasional Table Mountain. Pemandangan di sini akan memanjakan mata karena menyajikan panorama yang cantik.

Objek wisata ini merupakan tempat yang menjadi banyak tujuan wisatawan yang datang ke Afrika Selatan. Pemandangan yang masih alami akan membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati suasana ini.

Pengunjung bisa menikmati fasilitas cableway atau kereta gantung yang terbentang sepanjang taman nasional. Dari atas ketinggian, pengunjung bisa menikmati penjuru kota dengan leluasa. Beberapa tempat yang bisa dilihat dari atas ini meliputi castle of good hope, katedral, balai kota dan juga malay quarter.

Waktu yang direkomendasikan untuk naik cableway ini adalah saat sore hari. Selain karena lebih sepi pengunjung, pemandangan yang tersajikan akan semakin indah dengan panorama senja di Cape Town. Harga tiket masuknya adalah sebanyak ZAR 330 atau sekitar Rp 280.000. Cukup terjangkau bukan?

Melihat Satwa Liar dengan Wisata ke Taman Nasioal Kruger

Objek wisata selanjutnya yang menarik di Afrika Selatan adalah taman nasional Kruger. Di sini, pengunjung dapat melihat kehidupan satwa liar secara langsung. Objek wisata ini menawarkan interaksi yang khas dengan binatang asli Afrika Selatan.

Beberapa satwa liar seperti kijang dan zebra akan mudah ditemui sepanjang perjalanan di dalam taman nasional Kruger. Datanglah ketika sore hari agar bisa menikmati sunset yang sangat cantik di antara sabana. Pengunjung bisa berfoto di sini dengan bebas, tentu saja tetap menaati aturan yang berlaku.

Taman nasional yang memiliki luas 19.485 kilometer persegi atau 7.523 mil persegi ini menjadi objek wisata alam di Afrika Selatan yang khas karena menawarkan sensasi safari yang menyenangkan.

Biaya yang dikenakan untuk satu hari tur di taman nasional ini sebesar 320 Rands atau sekitar Rp 310.000. Dengan biaya yang cukup terjangkau ini, pengunjung bisa menikmati suasana alam sepanjang hari.

Di dalam taman nasional ini juga disediakan hotel dan penginapan mewah yang bisa digunakan untuk menginap. Pasti seru sekali bukan bisa menginap dan semakin dekat dengan alam bebas?

Cape of Good Hopes, Wisata Alam Andalan di Afrika Selatan

Ketika mengunjungi Cape Town, jangan lupa juga untuk singgah ke Cape of Good Hopes. Saat pengunjung menikmati naik cableway dari Table Mountain, lokasi ini bisa dilihat dengan jelas dari ketinggian. Maka jangan lupa juga untuk langsung menapakkan kaki di tempat ini secara lebih dekat.

Tempat ini pertama kali ditemukan oleh Bartolomeu Dias, seorang pelaut Portugis pada 1488. Semenanjung ini sangat cocok untuk menikmati hembusan angin dan suara deburan ombak yang memecah tebing-tebing di sekitarnya.

Di Cape of Good Hopes ini pengunjung akan melihat sebuah papan bertulisan “The Most South-Western Point of the African Continent”. Papan ini menunjukkan batas antara Samudera Atlantik dan Samudera Hindia. Tentu ini sangat menarik bagi wisatawan karena bisa melihat pertemuan dua samudera besar dunia.

Baca juga: 10 Negara yang Melegalkan Judi: Dari Kebijakan hingga Kasino Terbesar

Tempat ini buka dari pagi hingga malam. Pengunjung yang akan masuk ke tempat ini akan dikenakan biaya sebesar 300 Rands atau sekitar Rp 300.000. Aksesnya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Perjalanan memakan waktu selama 2 jam dengan mobil pribadi.

Objek wisata alam yang ada di Afrika Selatan memanglah surga bagi pecinta wisata alam bebas. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai panorama yang sulit ditemui di berbagai tempat lain. Tertarik untuk mengunjunginya?