Rekomendasi Manhwa Webtoon Tamat 2020

  • By
  • November 16, 2020
  • 0 Comments

Dari waktu ke waktu, peminat pembaca komik Korea atau yang lebih dikenal dengan sebutan manhwa semakin banyak saja. Tidak terkecuali di Indonesia. Bahkan kini ada banyak orang yang menjadikan membaca manhwa sebagai hobi baru.

Ditambah lagi dengan munculnya berbagai situs komik sub Indo maupun aplikasi komik yang dapat di install di smartphone  Android maupun iOS menjadikan masyarakat semakin mudah mengaksesnya.

Salah satunya adalah Webtoon. Disini Anda bisa membaca manhwa dalam berbagai genre, mulai dari action, romance, fantasy, adventure, magic dan lain sebagainya.

Nah berikut ini adalah rekomendasi beberapa manhwa Webtoon yang sudah tamat pada akhir 2020 ini.

Dokgo

Salah satu rekomendasi manhwa yang wajib Anda baca adalah Dokgo. Komik bergenre school, action, drama, webtoons ini sebenarnya sudah rilis sejak 2012 lalu. Namun pada tahun 2020 ini Dokgo sudah menyelesaikan seriesnya.

Dokgo sendiri merupakan komik webtoon yang mengisahkan tentang kehidupan di sekolah yang penuh drama dan bullying. Dari lanjutan Dokgo season 1, Kang Hu yang sudah mati akibat penindasan menjadikan keluaraganya berantakan.

Adiknya menahan dendam dan memutuskan kembali ke sekolah. Tepat satu tahun Kang Hu meninggal, adiknya merencanakan misi balas dendam untuk menyingkirkan kelompok berandalan yang ada di sekolah tersebut.

Komik ini memang tidak direkomendasikan untuk Anda yang masih di bawah 17 tahun, karena banyak adegan kekerasan maupun bullying di dalamnya. Author dari komik ini adalah Baek, Meen (Story), Seung Hoon (art).

My Beautiful World

Masih dengan tema school life, hanya saja genre yang lebih menonjol pada komik webtoon satu ini adalah comedy dan romance. Di dalamnya juga tergabung beberapa genre seperti drama, supernatural, shoujo, dan slice of life.

Meski belum resmi tamat, namun komik yang sudah beberapa bulan tidak merilis seri terbarunya ini bisa Anda jadikan sumber bacaan yang seru. Adegan-adegan romantis dan kocak di dalamnya dijamin akan membuat Anda senyum-senyum sendiri ketika membacanya.

Ceritanya tentang seorang gadis yang mempunyai paras cantik dan senyum manis. Namun senyum itu ternyata menyembunyikan depresi dan kejahatan yang terpendam.

Tanpa disangka, ternyata si MC atau sang heroine ini mempunyai kemampuan untuk melihat Fasad. Hal ini menjadikan perjalanan kisah di My Beautiful World semakin seru.

Baca juga: 10 Daftar Rekomendasi Pembayaran Digital Yang Perlu Anda Unduh

Change Season 1 & 2

Buat Anda yang menyukai komik bergenre action dan gender bender, Change Season 1 dan 2 wajib untuk Anda baca. Berbeda dengan komik lain, alur cerita pada manhwa ini cukup unik dan penuh teka teki.

Komik yang rilis pada tahun 2017 ini mengisahkan  tentang seseorang yang ingin balas dendam. Namun anehnya, karena suatu kejadian yang membuatnya tersambar petir, pria terkuat di negara tersebut berubah menjadi seorang perempuan.

Lalu bagaimanakah kelanjutan dari cerita yang ditulis oleh Jinone tersebut? langsung saja baca Change Season 1 dan 2 yang sudah tamat pada pertengahan 2020 lalu.

The Dungeon Master Season 1 & 2

Selanjutnya ada The Dungeon Master yang sudah tamat dengan dua season. Komik Korea ini bergenre action, comedy, fantasy, adventure, isekai, martial arts, magic, supranatural, romance dan shounen.

Komik yang ditulis Jae Hoo Park (story) dan Studio Ramda (arts) ini mengusung cerita yang sangat komplek. Gabungan antara MC over power, kehidupan dimensi lain dan beberapa lainnya.

Kisahnya dimulai dari seorang pria yang mengambil side job, dan hampir mati karena sebuah kecelakaan ketika dirinya menolong orang. Tetapi kebaikan tersebut membuatnya terbawa dalam kehidupan baru dengan reinkarnasi.

Di kehidupan masa depan, ia bisa berubah menjadi pahlawan atau penyihir.

Yongbi Season 1

Dengan gambar yang rapi, Yongbi season 1 siap memanjakan para pembacanya. Komedi yang menghibur dari komik ini disuguhkan dengan sejarah dan alur cerita yang cukup unik. Genre yang diusung sendiri adalah action, comedy, historical, adventure dan martial arts.

Nah yang membuatnya cukup unik, Yongbi season 1 ini belum berwarna seperti manhwa lain, karena manhwa satu ini memang sudah dirilis sejak 1998. Sementara untuk Yongbi season 2, sudah menggunakan warna yang membuatnya lebih menarik.

Komik ini menceritakan tentang Yongbi, seorang pemuda asing misterius yang masuk ke dalam desa Gang-Ho. Kehidupan damai di desa tersebut mendadak terusik karena kedatangan Yongbi.

Untuk mengetahui cerita lengkapnya, langsung saja baca Yongbi season 1.

The Breaker Season 1 & 2

Tidak jauh berbeda dengan manhwa sebelumnya, The Breaker Season 1 dan 2 juga belum berwarna. Namun untuk masalah kerapian dan kualitas gambar tak perlu diragukan lagi.

Alur cerita yang diusung pun begitu menarik. Dengan genre comedy, drama, action, martial arts dan school, komik ini mengisahkan tentang seorang guru baru bernama Chun-woo yang mempunyai ilmu bela diri luar biasa.

Shin-woo, murid dari sekolah tersebut secara tidak sengaja menyaksikan kehebatan gurunya dan memohon untuk bisa belajar darinya. Di sisi lain, Shin-woo tidak mengetahui jika Chun-woo juga seorang pembunuh dengan misi besar.

Ranker Who Lives A Second Time

Salah satu manhwa terbaik dan sudah tamat di tahun 2020 ini adalah Ranker Who Lives A Second Time. Manhwa yang ditulis oleh Nong Nong, Sa Doyeon’ ini mengusung beberapa genre seperti game, fantasy, action dan adventure.

Berkisah tentang Yeon-woo yang mempunyai saudara kembar dan tiba-tiba menghilang sejak 5 tahun lalu. Ketika itu, Yeon-woo menemukan sebuah buku harian yang misterius dan tersembunyi.

Tak disangka, ternyata adiknya pergi ke dunia fantasi untuk menemukan obat bagi kesembuhan ibunya. Kepergian adiknya membuat Yeon mempunyai misi besar di dunia fantasi.

Sayang, dalam chapter 69, Ranker Who Lives A Second Time sudah tamat dengan cerita yang masih menggantung.

Killer Stall

Berikutnya ada Killer Stall yang merupakan manhwa dengan genre action, horror, adventure, mystery, mature, seinen, dan supranatural. Komik yang ditulis oleh Han ini telah rilis sejak 2014 dan tamat pada 2020.

Sesuai judulnya. Killer Stall banyak mengusung adegan-adegan kekerasan, sehingga bisa dipastikan jika manhwa ini tidak cocok untuk pembaca di bawah umur.

Killer Stall ini menceritakan seorang bos Mafia. Di sisi lain, Choo yang merupakan pemilik sebuah restaurant di tipu oleh segerombolan remaja nakal. Segerombolan remaja tersebut tidak tahu siapakah sebenarnya Choo.

Lalu apakah memang Choo hanya seorang pemilik restoran biasa, atau dialah mantan bos mafia tersebut? langsung saja baca Killer Stall untuk mengetahui cerita lengkapnya.

Delapan rekomendasi manhwa yang sudah tamat pada 2020 ini bisa jadi teman Anda bersantai. Jangan lupa siapkan cemilan untuk membaca seluruh chapter dari webtoons di atas. Namun jika ingin komik dengan jenis berbeda seperti manga yang berasal dari Jepang. Untuk berita terupdate nya Anda dapat kunjungi Anime Saku. Sebuah situs berita tentang anime dan manga.

Selamat membaca!

Category: Info