Kalau soal pemakaman, pasti identik dengan suasana yang menyeramkan dan menyeramkan. Namun, hal itu tidak berlaku untuk pemakaman di San Diego Hills, tempat Ashraf Sinclair dimakamkan Selasa (18/2) lalu.

Taman Peringatan dan Rumah Duka San Diego Hills adalah kompleks pemakaman di Karawang, Jawa Barat. Pemakaman ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas umum yang tidak biasa seperti restoran, kolam renang, toko bunga dan souvenir, serta gedung serba guna dengan kapasitas 250 orang.

Suziany Japardy baru-baru ini mengungkapkan sejumlah fakta tentang kompleks pemakaman yang saat ini sedang dibahas di acara yang dipandu oleh Feni Rose, CEO San Diego Hills.

Berikut informasi lengkap yang dilansir Youtube Resmi TRANS TV:

Konsep pemakaman San Diego Hills

San Diego Hills Memorial Park diketahui diambil alih dari Forest Lawn Memorial Parks and Mortuaries di California, Amerika Serikat.

Dimana penggagas dari San Diego Hills ingin membuat kuburan yang dianggap tidak menakutkan lagi. “Kami ingin pemakaman tidak menakutkan dan tidak terlalu menyedihkan,” kata Suziany.

Dulu Harganya 3 Juta Sekarang Sampai Rp 38 Juta

Suziany mengumumkan bahwa ketika dia mendirikan San Diego Hills dia menetapkan tarif hanya 3 juta rupee, termasuk biaya perawatan selamanya. Kini, seiring berjalannya waktu, harga pemakaman lelaki biasa di kompleks ini mencapai Rp 38 juta.

“Saat pertama dibuka tahun 2007, kami hanya menjual Rp 3 juta per unit untuk satu orang. Tapi sekarang usianya sudah hampir 13 tahun, harga tiap unit mulai Rp 38 juta,” ujarnya.

Ada 750 Meter Untuk Lebih dari 100 Orang

Suziany juga mengungkapkan, ada area seluas 750 meter yang bisa menampung 100 orang. “750 meter ini seperti kompleks. Bisa desain sendiri, tapi harus ada kesepakatan,” ujarnya.

Ada Paket VIP dan VVIP Untuk Menggali Lubang

San Diego Hills juga menawarkan berbagai paket prosesi pemakaman yang terdiri dari menggali lubang, tenda, dll. “VIP ditutup AC dan total untuk 200 orang, sedangkan VVIP untuk 300 orang,” imbuhnya.

Feni Rose tampak kaget saat mendengar penjelasan harga dan berbagai fasilitas di San Diego Hills.

Kini Tersisa 45 Hektar dari Total 350 Hektar

Dari sekitar 350 hektar lahan, tersisa 45 hektar. Perbukitan San Diego juga diketahui telah membangun kompleks makam baru khusus untuk umat Islam. Lokasinya berada di sebelah San Diego Hills.

“Kami hanya memiliki 45 hektar tersisa 350 hektar. Kami membuka tempat khusus untuk umat Islam di sebelah Perbukitan San Diego, namanya Raudhatul Jannah,” kata Suziany.

Lokasi dan Lihat Perbedaan Harga

Harga yang ditawarkan pun bervariasi tergantung lokasi dan view. Untuk lokasi semi private, Suziany menyatakan pihaknya mematok harga mulai Rp 300 hingga Rp 40 jutaan tergantung lokasi.

Suziany menambahkan, semakin tinggi ketinggian makam, otomatis semakin mahal harganya.

“Yang tertinggi dan pasti paling banyak viewnya ada banyak danau macam-macam,” jelasnya.

Dapat dipasang dan dirawat selamanya

Suziany juga mengatakan, harga yang mahal sudah termasuk biaya perawatan dan keamanan makam selamanya.

Selamanya harga sudah termasuk perawatan selamanya. Termasuk perawatan dan keamanan, ujarnya.

San Diego Hills juga menerapkan sistem angsuran bagi pelanggan yang memesan tempat pemakaman.

“Kalau perencanaan pasti lebih murah dan bisa diangsur sampai 60 bulan, kalau 1 tahun tanpa bunga,” imbuhnya.

Banyak Artis yang Memesan

Suziany juga mengumumkan ada beberapa selebriti Indonesia yang melakukan reservasi di San Diego Hills. “Apakah ada artis yang memesan?” tanya Feni Rose.

“Banyak orang menyukainya karena kami melatih mereka, karena ini hal tertentu yang perlu direncanakan, kami tidak begitu tahu,” kata Suziany.

San Diego Hills menyatakan bahwa dengan tetap menghormati sudut pandang semua agama, detail layanan dan fasilitas dirancang untuk menghormati praktek penguburan bagi setiap pemeluk agama serta tradisi pluralistik di Indonesia tanpa mengurangi kedalaman nilai-nilai spiritual.

Taman Semesta merupakan area yang menggambarkan simbol mulai dari penciptaan dunia hingga janji Tuhan kepada Adam, Abraham, Raja Daud, Mesias yang harus disalibkan dan dibangkitkan dan era kemartiran harus dimulai hingga pada ajaran kasih dan pertobatan melalui Yesus Kristus untuk memasuki Eden Baru.

Saat ini Taman Semesta terdiri dari dua bagian, yaitu Taman Ciptaan dan Taman Iman, Harapan dan Cinta. The Garden of Creation terdiri dari 12 vila, yaitu Sabbath, Seagull, Hummingbird, Sovereignty, Crown, Peacefulness, Moon Ray, Light, Starlight, Eden, Heavenly Lawn, dan Sunrise.

Sedangkan Garden of Faith, Hope dan Love berisi tiga villa, yaitu Serenity, Meekness dan Worship.

Kemudian muncul Garden of Prosperity and Joy alias Bai Fu Le Yuan dengan simbolisasi sejarah, budaya dan kepercayaan masyarakat Tionghoa. Area pemakaman dirancang dengan cermat sesuai dengan aturan Fengshui sesuai dengan perhitungan tempat terbaik dan selaras dengan alam.

Tujuh keindahan mewarnai kawasan Bai Fu Le Yuan, yakni Bridge of Eternity, jembatan ala Tionghoa yang membentang melintasi danau, Remembrance Hall, tempat kolumbarium disimpan, dan Mountain of Life yang artinya bahwa air adalah sumber kehidupan dan menciptakan suasana alam.

Kemudian paviliun berkah, paviliun peristirahatan sementara untuk keluarga, jambatan sembilan kebajikan, sembilan jambatan bengkok yang melambang kan sembilan kebajikan, geladak langit, tingkat terbuka tertinggi di seluruh taman kemakmuran dan kegembiraan, dan gerbang gunung, gapura megah yang kokoh dan anggun.

Saat ini terdiri dari enam villa di daerah ini, yaitu Diamond Mansion, Pearl Mansion dan Jade Mansion, Peony Mansion dan Island Estate.

Terakhir, taman lima pilar, yang mengambil alih konsep lima pilar Islam di atas lahan seluas 25 hektar. Secara keseluruhan, kawasan ini terbagi menjadi lima area, yaitu Taman Persatuan (Rukun Islam: Syahadat), yang saat ini memiliki Villa Hikmah.

Kemudian Prayer Garden (Pillars of Islam 2: Salad) yang saat ini memiliki tiga villa yaitu Midday Mansion, Guiding Light Mansion dan Before Dawn Mansion. Taman puasa (Rukun Islam 3: Puasa) mencoba mendefinisikan puasa sebagai hidup sederhana dengan menggunakan lansekap khas tanaman kering di samping tanaman yang rimbun.

Benefaction Garden (Rukun Islam 4: Zakat) yang saat ini memiliki dua villa yaitu Charity Mansion dan Fitrah Mansion. Terakhir, taman ziarah (Rukun Islam 5: Haji) yang muncul di lanskap tanaman kering yang melambangkan perjalanan melintasi gurun.

Ada juga diskusi dengan para pemuka agama tentang penentuan arah kiblat dan tata cara penguburan di taman pemakaman muslim ini.

Category: Out of the box