Macam-macam Beton Ready Mix Berkualitas yang Perlu Diketahui oleh Pemilik Proyek Bangunan

Macam-macam Beton Ready Mix Berkualitas yang Perlu Diketahui oleh Pemilik Proyek Bangunan – Beton Ready Mix merupakan material bangunan terbaru yang mulai banyak digunakan untuk pembangunan proyek skala besar.

Penggunaan material beton siap tuang ini bukan tanpa alasan, tetapi memang ada alasan tersendiri yang salah satunya ialah bisa menghemat waktu pengerjaan. Yang mana, jika menggunakan material beton yang diaduk manual tentu waktu pengerjaan proyek jauh lebih lama sedangkan kalau adonan Ready Mix waktunya jauh lebih singkat. Selain itu akan menghasilkan ready mix yang berkualitas.

Karena alasan tersebut penggunaan material beton siap pakai sudah mulai populer di Indonesia. Bahkan perusahaan penyedia layanan juga mulai bermunculan di tanah air yang siap melayani pemesanan produk yang berkualitas. 

Beton yang Berkualitas Menghasilkan Ready Mix Berkualitas

Ada yang mengatakan kalau material beton siap tuang memiliki kualitas lebih tinggi dibandingkan adonan yang diaduk secara manual. Pasalnya ketika material ini diaduk menggunakan mesin (barching plants) daya rekatnya lebih maksimal karena proses pengadukannya lebih berenergi. 

Oleh karena itu jika menggunakan Ready Mix kerekatan material beton mencapai 100% yang membuat struktur bangunan yang menggunakannya memiliki kekuatan yang bagus.  Sehingga keamanan pekerja maupun penghuni hunian lebih terjamin dibandingkan material yang memiliki kerekatan dengan kadar persentase di bawahnya. 

Kualitas material beton siap tuang juga disebabkan oleh sistem pengadukan yang singkat namun segala macam bahan mentah benar-benar terpadu dengan baik. Sedangkan kalau menggunakan material manual, biasanya pengadukannya lebih lama sehingga yang ada terdapat material bagus di satu sisi tetapi di sisi lain masih ada bahan yang belum tercampur. 

Tips Mendapatkan Produk Ready Mix yang Berkualitas

Sekalipun produk material beton siap tuang memiliki kualitas yang bagus, tentu tetap tidak ada kesempurnaan di dalamnya. Sekalipun produk tersebut dibuat dengan mesin canggih dan berteknologi tinggi. 

Maka dari itu pemilik proyek maupun arsitek harus tetap selektif dalam memilih produk Ready Mix. Sebab, tidak semua perusahaan penyedia bersedia memberikan produk yang memang benar-benar bermutu. 

Oleh karena itu, untuk mendapatkan produk material beton siap tuang yang bagus pemilik proyek harus mengetahui tipsnya terlebih dahulu. Di antaranya seperti yang dijelaskan di bawah ini: 

1. Pilih Perusahaan yang Fokus Pada Bidang Konstruksi

Tips yang pertama ialah silakan memilih perusahaan penyedia Ready Mix yang memang fokus produksinya pada alat-alat atau material konstruksi bangunan. Karena pastinya perusahaan semacam ini memiliki adonan beton ready mix yang berkualitas tinggi. 

Selain itu para pekerja maupun adminnya pasti mengenal material adonan dengan baik termasuk pemilihan bahan mentah sebelum adonan dimasukkan ke dalam mesin. Ini untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam penggunaan bahan adonan. 

Oleh karena itu daripada membeli adonan beton siap tuang dari perusahaan toserba, lebih baik memilih perusahaan yang memang fokus pada bidang konstruksi. Apalagi material beton ini memiliki peran penting untuk setiap struktur bangunan apapun jenis dan namanya. 

2. Pilih Material yang Memiliki Daya Rekat Cukup Tinggi

Yang menandakan kalau beton ready mix berkualitas ialah material tersebut memiliki daya rekat cukup tinggi bahkan harus 100%. Karena material semacam inilah yang membuat struktur bangunan lebih kokoh dan terbentuk dengan baik. 

Sedangkan jika material beton tidak memiliki daya rekat yang baik, tentu ketika material tersebut digunakan tidak akan menemukan daya isi yang ideal. Bahkan material semacam ini bisa sangat membahayakan. 

Pasalnya beton dengan daya rekat yang buruk ada kemungkinan tidak memiliki ketahanan yang bagus saat dijadikan penyanggah struktur bangunan yang berat. Sehingga ada kekhawatiran beton bisa runtuh yang akan membahayakan jiwa pekerja dan para penghuni bangunan. 

3. Pilih Adonan Ready Mix Berkualitas yang Dijual dengan Harga Kompetitif

Hati-hati dengan adonan siap tuang yang dijual dengan harga sangat murah. Karena dikhawatirkan kualitasnya tidak bagus karena tidak memiliki daya rekat beton dengan persentase yang tinggi. 

Lebih baik pilih perusahaan penyedia material beton yang menjual Ready Mix berkualitas yang menjual produknya dengan harga kompetitif. Maksudnya sebelum Anda membeli produk harus melakukan survey terlebih dahulu lalu pilih adonan yang dijual dengan selisih lebih rendah. 

Nah jika menemukan produk adonan siap tuang yang dijual dengan harga kompetitif berarti kualitas dari material tersebut memang bagus. Paling tidak karena mutu yang ada perusahaan tidak berani menjual dengan harga di bawah standar. 

Macam-Macam Beton Ready Mix yang Berkualitas

Penjelasan sebelumnya berisi tentang Ready Mix berkualitas menurut pandangan secara umum. Nah, sekarang ini akan dijabarkan tentang macam-macam mutu material beton siap tuang yang lebih khusus. Ini penjelasannya:

Pada dasarnya kualitas beton diawali dari rumus K-100 (B-0) sampai K-500, yang mana simbol K bermakna kekuatan tekan dengan ukuran per cm2. Sedangkan simbol angka 100 serta 500 menandakan ukuran berat (kg). 

Baca juga: 10 Daftar Rekomendasi Pembayaran Digital Yang Perlu Anda Unduh

Nah dari deskripsi ini bisa disimpulkan kalau mutu Beton K-100 adalah mutu beton dengan kekuatan tekan sebanyak 100 kg/cm2.

Kelas Mutu Beton

Mutu beton sendiri dikategorikan ke dalam 3 tipe kualitas, yaitu beton kelas I, beton kelas II, dan beton kelas III. Sedangkan uraian beton ujtuk ready mix yang berkualitas adalah:

1. Beton Kelas I

Beton kelas I memiliki daya tekan mencapai K-100, K125, K-150, K-175, dan K-200 yang biasanya material tidak untuk pekerjaan struktur berat. Artinya material adonan ini hanya diperuntukkan untuk hunian rumah saja atau bangunan skala kecil. 

2. Beton Kelas II

Untuk Beton Kelas II biasanya memiliki mutu tekan K-225, K-250, sampai K-275. Yang mana material bisa digunakan untuk pekerjaan struktur seperti lantai, jalan, pondasi, sloof dan kolom.

Mutu beton inilah yang paling banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur skala kecil. Namun untuk hunian atau perumahan biasanya material digunakan untuk fondasinya saja. Karena dibandingkan yang kelas I, material ini memiliki kualitas yang lebih bagus. 

3. Beton Kelas III

Nah kalau material Beton Kelas III ukuran mutunya ialah K-325, K-350, K-375, K450, sampai K-500. Ini yang disebut material beton siap tuang khusus yang banyak digunakan untuk struktur bangunan yang juga khusus seperti balok, lantai jembatan, dan landasan pesawat.

Harga Ready Mix Terbaru

Untuk harga Ready Mix terbaru tentu disesuaikan dengan mutu atau kualitas dari material yang dijadikan adonan. Jika patokannya adalah macam-macam mutu yang sudah dijelaskan di atas, tentu material beton siap tuang kategori Kelas III yang dijual dengan harga paling mahal. 

Sedangkan material kelas I dijual dengan harga yang paling rendah karena cara pembuatan serta takaran kebutuhannya jauh lebih rendah. Jika pun ingin menggunakan yang lebih memiliki daya tekan bisa memilih Kelas II dengan harga yang pas. 

Demikian sudah kami bagahs mengenai perihal tentang reay mix tergantung memilih ready mix berkualitas. Semoga menjadi panduan bagi Anda sehingga Anda tidak salah memilih ready mix.